TEORI MONETER ISLAM
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Terstruktur
Mata Kuliah Ekonomi Moneter Islam
Dosen Pengampu : Dewi Fatmasari, M.Si
Disusun Oleh :
Nila Ernila (1414231087)
Perbankan Syariah 3/ Semester V
KEMENTRIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Telp. (0231) 481264 Fax. (0231) 489926
Tahun Ajaran 2016/2017
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum wr. wb
Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia kesehatan yang diberikan-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Pentingnya makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu-ilmu perpajakan yang kami.susun.
Sistematika penulisan makalah ini terbagi menjadi 3 (tiga) bab dan beberapa sub bab dengan susunan sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Membahas uraian singkat latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.
BAB II : TINJAUAN TEORI
Berisi tentang uraian teori-teori yang berkaitan dengan Teori moneter islam dalam ekonomi moneter islam yang digunakan dalam penyusunan makalah ini.
BAB III : PENUTUP
Berisi kesimpulan yang di dapat dari materi pembahasan, serta saran-saran yang dapat dijadikan referensi untuk pengembangan yang lebih baik dan bermanfaat.
Makalah ini masih jauh dari kata sempurna karna kami tidak langsung tatapmuka pada pakarnya namun kami hanya mencari informasi dari buku-buku yang kami dapatkan, tetapi makalah ini dapat mencakup materi yang kami temakan dimakalah ini.Untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Penulis mengucapan terimakasih yang pertama kepada kedua orang tua yang dengan restunya juga restu Allah SWT, teman-teman dan dosen pembimbing, sehingga makalah ini dapat diselesaikan sedemikian adanya.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sistem moneter berhubungan erat dengan instrumen moneter, salah satunya uang, maka sebelum memahami mengenai hal tersebut, kita perlu memahami konsep uang dalam Islam. Menurut Al-Ghazali, uang adalah standar pengukuran (satuan) untuk menghindari penipuan dan kecurangan, uang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah-masalah sistem barter, dinar dan dirham adalah penguasa bila dibandingkan jenis kekayaan yang lain dan ciri utama uang adalah seperti cermin yang memantulkan warna tapi ia sendiri tidak memiliki warna sesuai dengan konsep netralitas uang.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan pokok permasalahannya adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana sejarah perkembangan sistem moneter islam ?
2. Apa saja teori moneter islam ?
3. Bagaimana manajemen moneter islam ?
4. Bagaimana instrumen moneter islam ?
C. Tujuan Penulisan
Sesuai dengan permasalahan yang telah diajukan diatas, maka tujuannya meliputi Mengetahui lebih detail tentang ekonomi moneter islam dan dapat memotivasi pembaca untuk dapat mengetahui dan memahami teori moneter islam.
D. Manfaat Penulisan
Semoga hasil dari penelitian dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai berbagai hal yang ditemui di dalam mata kuliah ekonomi moneter islamdan sebagai bahan pertimbangan untuk belajar. Dapat menambah wawasan dan memperluas cakrawala dalam mengadakan penelitian.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah Perkembangan Sistem Moneter Islam
Sistem moneter yang berlaku didunia sekarang ini keberadaannya telah ada setelah melalui beberapa masa evolusi. Sistem moneter yang telah berlaku pada masa Nabi Muhammad SAW adalah bimetallic standard dimana emas dan perak (dinar dan dirham) bersirkulasi secara terus-menerus. Ketika khalifah kedua dari Bani Umayyah (41-132 H/662-750 M) rasio antara dinar dan dirham adalah 1: 12, dan ketika Bani Abassyiah berkuasa (132-656 H/ 750-1258 M) rasionya mencapai 1:15 atau kurang[1]. Berhubungan dengan turunya rasio dinar dan dirham secara terus menerus, nilai tukar antara dinar dan dirham telah berfluktuasi secara lebar pada perbedaan waktu dan dalam perbedaan bagian-bagian negara Muslim. Rasio itu turun rendah sekali sampai mencapai 1:35 dan bahkan 1:50. Menurut alMaqrizi (w. 845 H/ 1442 M) dan muridnya al-Asadi (wafat setelah 854 H/ 1450 M), instabilitas ini dimungkinkan karena adanya pergantian atau keluarnya sirkulasi coin yang buruk dengan coin yang baik, dimana penomena ini selanjutnya pada 16 abad yang akan datang dikenal sebagai hukum Grasham (Gresham’s Law).
Amerika Serikat telah mengadopsi bimetallic ini pada tahun 1792. Kemudian pada tahun 1873 Amerika untuk mencabut perak dari peredaran uang karena fluktuasi harga antara emas dan perak. Pada tahun 1880 standar internasional dan mayoritas negar-negara dari bimetallic dan silver monometallic beralih kepada standar emas dengan menjadikan emas sebagai basis mata uang mereka. Dibawah standar ini, nilai mata uang sebuah negara secara sah ditentukan dengan berat yang tetap dari emas, dan otoritas moneter berkewajiban mengubah permintaan mata uang domestik kedalam emas yang secara legal telah ditetapkan tingkatnya.[2]
Kalau dilihat sejarahnya, gerakan moneterisme yang menekankan terhadap fungsi moneter berawal dari Milton Friedman dan kemudian diikuti oleh ekonom dari Federal Reserve Bank of St.Louis, Brunner dan Metzler. Gerakan ini awalnya merupakan reaksi kelompok ini terhadap kegagalan kebijakan penstabilan ekonomi makro yang di usung oleh Keynesian pada tahun 1960-an terhadap krisis yang dialami oleh Amerika dan eropa Barat.[3]
Penolakan kelompok moneterisme terhadap Keynisian ini dipicu oleh pernyataan mereka yang menyebutkan bahwa kebijakan moneter tidak efktif dalam menetralisir krisis ekonomi. Menurut kelompok moneterisme bahwa terdapat hubungan yang erat dan relatifstabil antara perubahan money supply dengan perubahan dalam nasional. Mereka juga menolak intervensi pemerintah sehingga meneurut mereka yang perlu dilakukan adalah mendesak agar kebijakan ekonomi ditumpukkan kepada kebijkaan moneter.[4] Dalam perjalanan selanjutnya, gerakan dan propaganda kelompok monetarisme ini semain gencar, baik melalui bank sentral [5]maupun dunia akademis. Secara akademis upaya mereka dilakukan dengan menulis buku-buku teks ekonomi sehingga akhirnya poros pemekiran mereka sampai hari ini menguasai paradigm pengambilan keputusan ekonomi dunia. Terjadinya krisis Amerika dan dibatalkannya perjanjian Bretton Wood pada tahun 1971 olehPresiden Nixon, merupakan awal tidak diback upnya dollar denga emas. Sejak itu pula, tidak satupun Negara didunia ini memback up mata uangnya dengan emas. Sehingga mata uang yang berlaku bersifat fiat atau dekrit dan ini disebut dengan istilah managed money standard.
Sejak berlakunya sistem managed money standard ini, ada dua fenomena yang terjadi. Pertama, tingkat inflasi yang tinggi dan kedua nilai tukar yang tidak stabil. Gugurnya sistem Bretton Woods pada tahun 1972-1973, telah mebuka peluang perdaganagn valuta asing dan kegiatan tesebut telah berkembnag secara spektakuler . Volume yang diperdagangkan di pasar dunia meningkat dari 5 miliar USD perhari 1973 menjadi melebihi 900 miliar di tahun 1992, kebanyakan transaksi bersifat spekulatif dan kurang dari 2% yang dipergunakan sebagai pembayaran perdagangan.[6]
Berdasarkan sejarahnya terdapat tiga jenis mata uang dari standar emas : standar coin emas (the gold coin standard) ketika coin-coin emas aktif dalam sirkulasi, standar lantakan emas (the gold bullion standard) ketika coin-coin emas tidak dalam sirkulasi tetapi otoritas moneter telah mengambil untuk menjual emas lantakan melawan mata uang lokal dan standar pertukaan emas (the gold exchange standard) atau yang dikenal Bretton Woods Sistem ketika otoritas moneter disyaratkan untuk menukar mata uang domestik dengan dollar US yang dapat dikonversikan kedalam emas dengan paritas yang tetap. Sistem ini berakhir pada pada bulan Agustus 1971 karena defisit AS pasca perang dunia kedua membawa pada penurunan secara kontinyu dalam kepemilikan emasnya dan tak dapat ditentukan kemampuannnya untuk menjaga konvertabilitas dollar AS kedalam emas.
Sejak berakhirnya Bretton Woods Sistem, sistem moneter dunia mengadopsi sistem baru yaitu full fledged managed money standard yang secara mutlak tak ada hubungannya dengan emas. Sistem ini secara resmi diimplemetasikan setelah ratifikasi amandemen kedua terhadap artikel persetujuan IMF pada April 1978. Setelah sistem ini diberlakukan, perekonomian dunia menghadapi tingkat inflasi yang tinggi dan pengaruh instabilitas dalam tingkat pertukaran. Salah satu penyebab utama tingginya tingkat inflasi adalah ekspansi yang cepat atas supply uang selama masa 1971-1990-an lebih dari lima kali negara-negara industri dan hal ini hampir 12 kali di dunia.
Sedangkan instabilitas dalam tingkat pertukaran terjadi karena diberlakukan nya sistem nilai tukar mengambang (floating exchange rate regime) pada Maret 1973. Bagaimanapun, untuk menstabilkan nilai tukar dalam sebuah sistem floating exchanges rate diperlukan kedisiplinan untuk kebijakan baik fiskal maupun moneter. Tidak ada teks yang spesifik dari al-Qur’an dan as-Sunnah yang dapat menjelaskan bahwa sistem berdasarkan bimetallic standar yang berlaku selama masa nabi Muhammad SAW dan sejarah Islam pertama atau bahkan fullbodied monometallic standard yang berlaku kemudian merupakan kewajiban bagi umat Islam untuk menggunakannya secara terus-menerus.[7] Hal ini secara jelas terlukiskan dalam fakta sejarah bahwa Khalifah Umar bin Khatab pernah berpikiran untuk memperkenalkan kulit unta sebagai mata uang yang kemudian membawa refleksi bagi tulisan-tulisan para fukaha’ (ahli fikih) melalui sejarah Muslim.
Contoh, Imam Ahmad bin Hambal (w 241H/1328M) telah mengamati bahwa tidak ada kerusakan dalam pengadopsian mata uang lain yang secara umum diterima oleh masyarakat. Ibnu Hazm (w 456H/1064M) juga tidak menemukan beberapa alasan bagi kaum Muslimin membatasi mata uangnya hanya kepada dinar dan dirham. Ibnu Taimiyyah (w 505H/1328H) merasa bahwa dinar dan dirham tidak dinginkan untuk demi milik mereka saja karena kemampuannya membantu menjadi media alat pertukaran. Namun, hal ini bukan berarti bahwa seseorang dapat mengeluarkan mata uang dalam berapapun jumlahnya.
Para fukaha’ secara mayoritas telah menekankan bahwa mata uang harus diterbitkan oleh aturan otoritas dan harus mempunyai nilai yang stabil, mampu menunjukan efisiensi fungsinya sebagai measure of value, a medium of exchange, dan a store of purchasing power. Stabilitas nilai uang merupakan prioritas utama dalam bidang manajemen moneter karena stabilitas nilai uang akan dapat membantu perwujudan tujuan lainnya seperti pemenuhan kebutuhan, distribusi kekayaan dan pendapatan yang sama, tingkat pertumbuhan ekonomi optimum, full employment dan kestabilan ekonomi.[8]
Untuk bagian materi lainnya, bisa klik disini !
0 comments:
Post a Comment