LAPORAN PENJUALAN
Disusun Guna Memenuhi Tugas Terstruktur Mata Kuliah Etika Bisnis
Dosen pengampu : Dr.Abdul Aziz, M.Ag
Disusun Oleh
Nila Ernila (1414231087)
KEMENTRIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM
PERBANKAN SYARIAH
Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Telp. (0231) 481264 Fax. (0231) 489926
2015/2016
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan laporan hasil penjualan ini tepat pada waktunya.
Sebagai manusia biasa yang tidak pernah luput dari kesalahan, begitu juga halnya dengan kami. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan proposal ini, baik dari segi penulisan maupun isi. Kamipun menerima dengan lapang dada kritikan maupun saran yang sifatnya membangun dari pembaca agar kami dapat membenahi diri.
Walaupun demikian, kami berharap dengan disusunya laporan ini dapat memberikan sedikit gambaran bagaimana proses penjualan dan praktek langsung kami kelapangan dalam berwirausaha.
Terimakasih, Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Cirebon, 21 Desember 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam menghadapi tantangan bisnis termasuk menghadapi costumer, maka sebagai mahasiswa kita juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Dalam tugas untuk memenuhi mata kuliah etika bisnis islam ini, kami mencoba melakukan sebuah usaha sederhana untuk mendapatkan pembelajaran menjadi seorang pebisnis yang menerapkan prinsip syariah. Usaha yang kami jalankan merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi kami untuk masa yang akan datang. Saat ini usaha yang kami jalankan adalah mencoba menawarkan produk makanan di lingkungan sekitar IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
B. Tujuan
Tujuan usaha ini bukan hanya memenuhi tugas dan profit saja, melainkan juga mencari penekanan kepada pengalaman sebuah proses bisnis karena melalui pemasaran dan penjualan ini kami dituntut untuk berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik dan sopan kepada konsumen, meyakinkankan konsumen agar membeli produk yang kita tawarkan dan memberi penjelasan serta pelayanan terbaik agar konsumen merasa puas.
C. Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dibeberapa tempat dalam waktu 3 hari, yaitu :
1. Jum’at, 9 Desember 2016 Pukul 09.00 WIB, Kami berjualan untuk kali pertamanya di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, namun dagangan kami tidak terjual banyak, sehingga kami titipkan dagangan kami di 2 tempat kos teman kami sendiri, dan Alhamdulillah terjual habis
2. Minggu, 11 Desember 2016 Pukul 07.00-10.00 WIB di Stadion Bima Cirebon, dagangan terjual banyak namun masih sisa dan seperti biasa, kami titipkan pada salah satu anggota kelompok kami yang kos.
3. Selasa, 13 Desember 2016 Pukul 09.00-11.00 WIB di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dagangan terjual habis.
BAB II
PEMBAHASAN
LAPORAN PENJUALAN
Disusun Guna Memenuhi Tugas Terstruktur Mata Kuliah Etika Bisnis
Dosen pengampu : Dr.Abdul Aziz, M.Ag
Disusun Oleh
Nila Ernila (1414231087)
KEMENTRIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM
PERBANKAN SYARIAH
Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Telp. (0231) 481264 Fax. (0231) 489926
2015/2016
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan laporan hasil penjualan ini tepat pada waktunya.
Sebagai manusia biasa yang tidak pernah luput dari kesalahan, begitu juga halnya dengan kami. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan proposal ini, baik dari segi penulisan maupun isi. Kamipun menerima dengan lapang dada kritikan maupun saran yang sifatnya membangun dari pembaca agar kami dapat membenahi diri.
Walaupun demikian, kami berharap dengan disusunya laporan ini dapat memberikan sedikit gambaran bagaimana proses penjualan dan praktek langsung kami kelapangan dalam berwirausaha.
Terimakasih, Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Cirebon, 21 Desember 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam menghadapi tantangan bisnis termasuk menghadapi costumer, maka sebagai mahasiswa kita juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Dalam tugas untuk memenuhi mata kuliah etika bisnis islam ini, kami mencoba melakukan sebuah usaha sederhana untuk mendapatkan pembelajaran menjadi seorang pebisnis yang menerapkan prinsip syariah. Usaha yang kami jalankan merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi kami untuk masa yang akan datang. Saat ini usaha yang kami jalankan adalah mencoba menawarkan produk makanan di lingkungan sekitar IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
B. Tujuan
Tujuan usaha ini bukan hanya memenuhi tugas dan profit saja, melainkan juga mencari penekanan kepada pengalaman sebuah proses bisnis karena melalui pemasaran dan penjualan ini kami dituntut untuk berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik dan sopan kepada konsumen, meyakinkankan konsumen agar membeli produk yang kita tawarkan dan memberi penjelasan serta pelayanan terbaik agar konsumen merasa puas.
C. Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dibeberapa tempat dalam waktu 3 hari, yaitu :
1. Jum’at, 9 Desember 2016 Pukul 09.00 WIB, Kami berjualan untuk kali pertamanya di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, namun dagangan kami tidak terjual banyak, sehingga kami titipkan dagangan kami di 2 tempat kos teman kami sendiri, dan Alhamdulillah terjual habis
2. Minggu, 11 Desember 2016 Pukul 07.00-10.00 WIB di Stadion Bima Cirebon, dagangan terjual banyak namun masih sisa dan seperti biasa, kami titipkan pada salah satu anggota kelompok kami yang kos.
3. Selasa, 13 Desember 2016 Pukul 09.00-11.00 WIB di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dagangan terjual habis.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Proses Produksi
1. Pisang Nuget
Produksi dilakukan disalah satu rumah anggota kami di Majalengka, awal pembuatan dari bahan mentah hingga produk setengah jadi dilakukan pada malam hari dan pagi hari baru digoreng di tempat yang sama dan pengemasan kami lakukan di salah satu kosan anggota kami, hingga produk siap jual. Untuk hari minggu pisang nuget yang masih setengah jadi digoreng di salah satu rumah anggota kami di Sumber, pengemasan dilakukan ditempat yang sama.
a. Bahan yang digunakan :
1) Pisang Saba
2) Tepung
b. Proses Pembuatan :
1) Potong pisang saba
2) Lumuri dengan tepung
3) Gulingkan pada tepung nugget
4) Goreng hingga kecoklatan
5) Siap dibungkus
2. Singkong Keju
Dirasa pisang nuget ini kurang banyak yang menyukai, akhirnya kami memutuskan untuk mengganti dagangan kami dengan singkong keju, singkong ini di rebus dan di goreng di Majalengka rumah anggota kami dan pengemasan dilakukan ditempat yang sama.
a. Bahan yang digunakan :
1) Singkong
2) Keju
3) Susu
b. Proses Pembuatan :
1) Kukus singkong
2) Goreng hingga warnanya coklat
3) Angkat dan tiriskan
4) Letakan singkong pada wadah, kemudian taburi keju
B. Pemasaran
Proses pemasaran yang kami lakukan yaitu dengan cara mepromosikan dan memasarkan langsung kepada konsumen atau biasa disebut dengan personal selling. Dengan melakukan hal ini kami berusaha membujuk konsumen agar tertarik pada produk kami sehingga pada akhirnya membeli produk yang kami jual. Kebanyakan dari konsumen kami adalah mahasiswa dan pedagang disekeliling kawasan IAIN . Karena harganya yang relatif terjangkau dan interaksi langsung pada konsumen, penjualan produk kamipun dapat berjalan lancar.
C. Penjualan
Kegaiatan penjualan ini merupakan kegiatan inti dari proses transaksi, oleh karena itu kegiatan penjualan terdiri dari serangkaian kegiatan seperti menentukan dan menemukan pembeli guna menjual produk, proses menawari dan diakhiri dengan proses pembayaran.
D. Laporan Keuangan
1. Pisang Nuget
a. Modal yang dikeluarkan
“Mohon maaf untuk data, tidak kami tampilkan”
b. Harga produk
Kami menjual produk kami dengan harga Rp. 2.500/ bungkus (1 bungkus berisi 3 buah pisang).
E. Hasil dan Pembahasan
Kegiatan ini kami lakukan agar mendapatkan pengalaman dan pembelajaran untuk menjadi pebisnis. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya kami, karena dengan melakukan kegiatan ini kami dapat mengetahui bagaimana caranya menawarkan dan memasarkan suatu produk dengan baik, dan kami bisa lebih banyak mengetahui cara berinteraksi dengan baik dan sopan.
F. Analisis SWOT
1. Strenght (Kekuatan)
a. Memiliki ciri khas tersendiri dari produk lainnya
b. Tempat penjualan yang strategis
c. Harga ckup murah dan terjangkau
d. Pelayanan yang memuaskan, rapi dan bersih
2. Weakness (Kelemahan)
a. Harga bahan baku terlalu tinggi
b. Banyaknya pesaing
c. Timing yang dipakai kurang tepat
3. Opportunity (Peluang)
a. Digemari oleh masyarakat berbagai kalangan
b. Kuliner, saat ini sedang ngetrend
4. Threat (Ancaman)
b. Tidak stabilnya harga bahan baku yang sewaktu-waktu dapat berubah
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari kegiatan ini, kami menarik kesimpulan bahwa mahasiswa sangat memerlukan proses pembelajaran seperti ini, yang bukan hanya teori saja tapi langsung praktek kelapangan. Dengan hal ini kita bisa secara langsung merasakan bagaimana berinteraksi pada konsumen, menawarkan dan menjual produk kepada orang lain. Pengalaman ini bisa menjadi dasar ketika nanti kami akan membuka suatu usaha. Asal ada kemauan dan keinginan pasti kita bisa melakukannya, karena dalam dunia bisnis modal bukanlah segalanya tapi skill juga sangat berperang penting.
B. Saran
Semoga dalam perkuliahan etika bisnis islam selanjutnya, kegiatan praktek lapangan ini tetap bisa dilaksanakan dan lebih ditingkatkan lagi. Karena kegiatan seperti ini sangatlah bermanfaat, agar mahasiswa memiliki bekal pengalaman ketika ingin terjun langsung kedunia bisnis.
0 comments:
Post a Comment