Monday, November 2, 2020

Trend Teknologi Komputer Di Bank II

 Untuk materi sebelumnya, bisa klik disini !




A.      Aspek Penting Pengembangan Bisnis Yang Terkait Dengan ICT
1.  Penelitian yang dilakukan oleh Meidawati (2004 : 35) membuktikan bahwa kematangan teknologi informasi mempunyai hubungan dengan respon strategic perusahaan dalam menghadapi globalisasi berupa keinginan untuk melakukan penambahan investasi dalam teknologi informasi. Perkembangan teknologi yang sangat pesat, menuntut dunia usaha untuk mengoptimalkan fasilitas teknologi informasi dalam rangka untuk menang dalam persaingan global, meskipun itu diperlukan investasi yang cukup mahal.

2.  Factor utama yang menentukan keberhasilan dari penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam organisasi adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia khususnya adalah pengguna dari teknologi informasi dan komunikasi tersebut. Kunci awal dari keberhasilan penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam perusahaan adalah kemauan pengguna untuk menerima teknologi informasi dan komunikasi tersebut.

3. Adeosun,et al (2009) berpendapat bahwa penggunaan Teknologi Informasi memberikan nilai positif bagi strategi manajemen yang terkait dengan aspek komunikasi, akses informasi, pengambilan keputusan, manajemen data dan knowledge management pada sebuah organisasi, TI dapat menjadi kekuatan strategi dan alat bagi organisasi yang memberikan keuntungan pada aspek promosi dan kekuatan daya saing.

4.  Hengst dan Sol (2001) berpendapat bahwa TI memberikan keuntungan bagi organisasi bisnis untuk mengurangi biaya dan meningkatkan kemampuan organisasi bisnis dalam melakukan koordinasi dengan pihak luar.

5.  Di era knowledge-based economy saat ini adalah penting bagi UKM untuk memberikan adopsi TI. Karena adopsi TI memberikan kemampuan bagi UKM untuk memberikan layanan yang semakin baik dan daya saing (Apulu dan Latham, 2001). TI juga terbukti mempunyai dampak positif pada kinerja organisasi (Maldeni dan Jayasane, 2009). Organisasi bisnis modern diperkirakan tidak akan mampu bekerja secara optimal dan dapat memberikan dampak yang kurang baik terhadap daya tahan dan pertumbuhan ekonomi secara umum.

B.      Dampak ICT pada SDM
Peranan tenaga kerja atau sumber daya manusia sangat dominan dalam sistem organisasi bisnis perbankan. Masing-masing individu atau pegawai dalam organisasi perbankan memiliki kemampuan dan ketrampilan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.
1.    Dampak Positif
a.   Menciptakan generasi yang dapat memahami dan menghayati bagaimana suatu pengetahuan dapat diperoleh dari fenomena yang terdapat dalam lingkungannya.
b.    Menciptakan generasi yang mampu menerapkan suatu upaya untuk menghayati proses belajar dengan melakukan sesuatu yang bermakna, dan berarti bagi bangsa dan juga dapat membantu jalannya kehidupan
c.  Menciptakan generasi yang mampu mengikuti proses pembelajaran untuk terus berusaha menjadi manusia terdidik yang mandiri dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

2.    Dampak Negatif
a.   Menjamurnya pengangguran bagi masyarakat yang memiliki kemampuan minim dalam bidang teknologi
b. Terlahirnya generasi yang konsumtif, yang hanya mengandalkan kata “instan” dalam melengkapi kebutuhan.
c.   Mempermudah dalam mempererat jaringan kejahatan, mafia, terorisme, dll.

Perkembangan organisasi sangatlah bergantung kepada kemampuan individu. Mereka saling bekerja sama melalui proses manajemen untuk mewujudkan tujuan individu dan organisasinya. Penerapan sistem manual dalam organisasi bisnis akan menghambat pertumbuhan organisasi, keputusan tidak dapat diambil dengan cepat dan bahkan kalah bersaing dengan organisasi sejenis. Pimpinan organisasi perbankan harus mengubah dari sistem manual ke sistem elektronik dengan cara menerapkan teknologi informasi sesuai dengan kebutuhan organisasi perbankan.

Kemajuan teknologi komputer dan sistem informasi akan menjadi kendala bagi peningkatan sumbe rdaya manusia bila pemakai tidak mengikuti perkembangnnya. Penerapan teknologi informasi perlu mempertimbangkan kemampuan individu terlebih dahulu, terutama kemampuan individu organisasi dalam mengoperasikan perangkat elektronik. Manajer teknologi sebaiknya meninjau terlebih dahulu terhadap bakat masing-masing manajer lini yang akan mengoperasikan teknologi informasi. Mungkin sebelum penerapan teknologi informasi diperlukan program training terlebih dahulu agar manajer lini mengetahui secara pasti akan manfaat teknomogi.[3]

C.      Ringkasan Hasil Penelitian

“Mohon maaf, untuk data tabel kami sembunyikan”

1.      Hasil Penelitian Wheny Khristianto
a.    Adopsi Teknologi Komputer di UKM
      Berdasarkan data yang diperoleh, didapatkan data bahwa dari 33 UKM, sebanyak 22 UKM memiliki komputer dan 11 UKM tidak memiliki komputer. Untuk UKM yang memiliki komputer, terdapat beberapa alasan yang melatarbelakangi mengapa usaha yang dijalankan tersebut membutuhkan perangkat komputer. Tabel 2 berikut ini mengemukakan beberapa alasan tersebut.

b.   Adopsi Internet di UKM
            Dari kuesioner yaang direspon oleh 33 UKM di wilayah Gedong Meneng dan sekitarnya, terdapat 9 UKM yang memakai internet untuk membantu bisnis yang dijalankan dan 24 UKM yang tidak memakai atau tidak terhubung dengan internet. Berdasarkan data penelitian, sejumlah alasan dikemukakan oleh UKM yang memakai internet dan yang tidak memakai internet. Alasan-alasan yang dikemukakan oleh UKM yang dijadikan objek penelitian dapat dilihat dari Tabel 3 berikut.

"Mohon maaf, untuk data kami sembunyikan"

0 comments:

Post a Comment